PERKEMBANGAN BERHITUNG ANAK

Upaya mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan kualitas manusia seutuhnya adalah misi pendidikan yang menjadi tanggung jawab profesional setiap tenaga pendidik. Sebagai calon tenaga pendidik tidak cukup hanya mengetahui pengetahuan yang akan diajarkan kepada siswa di kelas, tetapi dituntut untuk meningkatkan kemampuan guna mendapatkan dan mengelola informasi yang sesuai dengan kebutuhan para siswanya. Salah satunya, sebagai calon tenaga pendidik kita perlu mengetahui perkembangan dari peserta didik.

Perkembangan dari setiap peserta didik berbeda antara yang satu dengan yang lainnya. Perkembangan ini dipengaruhi oleh banyak faktor, baik faktor lingkungan sekitar maupun faktor pembawaan mereka sejak lahir. Perkembangan dimulai dari individu sebelum lahir sampai individu itu terlahir di dunia ini. Dimana, perkembangan (development) tersebut berkaitan dengan bertambahnya kemampuan (skill) dalam struktur dan fungsi tubuh yang lebih kompleks dalam pola yang teratur dan dapat diramalkan sebagai hasil dari proses pematangan. Disini menyangkut adanya proses diferensiasi dari sel-sel tubuh, jaringan tubuh, organ-organ dan sistem organ yang berkembang sedemikian rupa sehingga masing-masing dapat memenuhi fungsinya. Termasuk juga perkembangan emosi, intelektual dan tingkah laku sebagai hasil interaksi dengan lingkungannya (Soetjiningsih, 1998).

Periode perkembangan yang paling berpengaruh pada kehidupan setiap individu adalah masa balita. Karena pada masa ini pertumbuhan dasar yang akan mempengaruhi dan menentukan perkembangan anak selanjutnya. Pada masa ini perkembangan kemampuan berbahasa, berhitung, kreativitas, kesadaran sosial, kesadaran emosional dan inteligensia berjalan sangat cepat. Perkembangan psiko-sosial sangat dipengaruhi lingkungan dan interaksi antara anak dengan orang tuanya. Perkembangan anak akan optimal bila interaksi sosial diusahakan sesuai dengan kebutuhan anak pada berbagai tahap perkembangan. Perkembangan pada setiap individu berbeda-beda tiap tahunnya, baik itu perkembangn membaca, menulis maupun berhitung anak (calistung).

Sebagai seorang tenaga pendidik yang nantinya berhadapan dengan beraneka ragam individu yang memiliki karakter yang berbeda, tentunya kita diharapkan memiliki pengetahuan tentang tahap-tahap serta proses perkembangan pada setiap individu khususnya perkembangan dalam berhitung. Sehingga nantinya kita memiliki modal awal serta mampu memahami sejauh mana tingkat penguasaan anak terhadap berhitung yang sejalan dengan tingkat perkembangan anak. Nantinya pendalaman perkembangan berhitung anak ini bermuara pada upaya peningkatan kemampuan berhitung anak itu sendiri.

Makalahnya dapat di download di bawah ini...


Terima kasih...
Jangan lupa berikan sedikit komentar...