PENDEKATAN CBSA, KONSEP, PROSES, DEDUKTIF & INDUKTIF

Dalam kegiatan belajar-mengajar kita tidak lepas dari istilah pendekatan, yang kemudian lebih dikenal dengan pendekatan pembelajaran, namun sebelum itu terlebih dahulu kita harus mengetahui makna dari pendekatan, mengingat ini dasar kita seterusnya dalam mendalami materi ini. Pendekatan (approach) memiliki pengetahuan yang berbeda dengan strategi (Sanjaya Wina, 2007), Pendekatan bersifat filosofis paradigmatik, yang mendasari aplkasi strategi dan metode. Pendekatan adalah pola/cara berpikir atau dasar pandangan terhadap sesuatu. Pendekatan dapat diimplementasikan dalam sejumlah strategi. Sedangkan, strategi adalah pola umum
perbuatan guru-siswa di dalam perwujudan kegiatan belajar mengajar. Strategi dapat diimplementasikan dalam beberapa metode. Pendekatan adalah titik tolak atau sudut pandang terhadap proses pembelajaran atau imerupakan gambaran pola umum perbuatan guru dan peserta didik di dalam perwujudan kegiatan pembelajaran. Sedangkan strategi sendiri merupakan pola umum perbuatan guru peserta didik di dalam perwujudan kegiatan pembelajaran. Pendekatan merupakan dasar penentuan strategi yang akan diwujudkan dengan penentuan metode sedangkan metode merupakan alat yang digunakan dalam pelaksanaan strategi pembelajaran.Jadi pendekatan lebih luas cakupanya dibandingkan dengan strategi. Untuk lebih jelasnya, selanjutnya akan dibahas mengenai rasional, pengertian, prinsip, dan indikator pendekatan Cara Belajar Siswa Aktif (CBSA), pengertian pendekatan konsep dan pendekatan proses, pengertian pendekatan deduktif dan pendekatan induktif dalam bab pembahasan.
 
Makalah yang berhubungan dengan judul dan pembahasan diatas dapat di download di bawah ini :