FASE-FASE PERKEMBANGAN ANAK

Anak bukanlah orang dewasa dalam ukuran kecil. Oleh sebab itu, anak harus diperlakukan sesuai dengan tahap-tahap perkembangannya. Pertumbuhan yang terjadi pada anak didik baik luar dan dalam itu, membawa akibat yang tidak sedikit terhadap sikap, perilaku, kesehatan serta kepribadian anak. Setiap orang berkembang dengan karakteristiknya tersendiri.

Perkembangan (development) adalah bertambahnya kemampuan (skill) dalam struktur dan fungsi tubuh yang lebih kompleks dalam pola yang teratur dan dapat diramalkan, sebagai hasil dari proses pematangan. Disini menyangkut adanya proses diferensiasi dari sel-sel tubuh, jaringan tubuh, organ-organ dan sistem organ yang berkembang sedemikian rupa sehingga masing-masing dapat memenuhi fungsinya. Termasuk juga perkembangan emosi, intelektual dan tingkah laku sebagai hasil interaksi dengan lingkungannya (Soetjiningsih, 1998). Selain itu Perkembangan juga merupakan suatu perubahan psikologis sebagai hasil dari proses pematangan fungsi psikis dan fisik pada diri anak, yang di tunjang oleh faktor lingkungan dan proses belajar dalam peredaran waktu tertentu menuju kedewasaan dari lingkungan yang banyak berpengaruh dalam kehidupan anak menuju dewasa.

Perkembangan anak akan optimal bila interaksi sosial diusahakan sesuai dengan kebutuhan anak pada berbagai tahap perkembangan dan orang disekitarnya memperlakukan mereka sesuai dengan tahap perkembangan. Namun, dalam praktik kehidupan sehari-hari, tidak selalu demikian yang terjadi. Banyak contoh yang menunjukkan betapa para orang tua dan masyarakat pada umummnya memperlakukan anak tidak sesuai dengan tingkat perkembangananya. Di dalam keluarga orang tua sering memaksakan keinginannya sesuai kehendaknya, di sekolah guru sering memberikan tekanan (preasure) tidak sesuai dengan tahap perkembangan anak, di berbagai media cetak/elektronika tekanan ini lebih tidak terbatas lagi, bahkan cenderung ekstrim.hal ini mengakibatkan perkembangan anak tidak akan maksimal, oleh karena itu orang tua serta orang-orang disekitar anak sudah semestinya mengetahui tahap-tahap perkembangan anak baik itu secara kognitif maupun sosialnya sehingga nantinya mereka bisa memperlakuakan anak sesuai dengan tahap perkembangannya.

Download makalahnya dibawah ini....


Terima kasih...
Jangan lupa berikan sedikit komentar...



Artikel Terkait: