TEORI BELAJAR THORNDIKE DAN TEORI BELAJAR VAN HIELE

     Indonesia tidak hanya mengalami krisis di bidang ekonomi saja, bidang pendidikannya juga sedang mengalami krisis. Perubahan-perubahan yang cepat di luar pendidikan menjadi tantangan-tantangan yang harus dijawab oleh dunia pendidikan. Jika praktik-praktik pengajaran dan pendidikan di Indonesia tidak dirubah, bangsa Indonesia akan ketinggalan oleh negara-negara lain di dunia. Pada abad 21 ini, praktik-praktik pembelajaran dan pendidikan di sekolah perlu diperbaharui baik dari kualitas maupun kuantitasnya. Peranan dunia pendidikan dalam mempersiapkan anak didik agar optimal dalam kehidupan bermasyarakat sangat besar, maka dari itu proses dan model pembelajaran perlu terus diperbaharui. Praktik-praktik pengajaran yang kurang menyenangkan akan mengakibatkan motivasi siswa dalam melakukan pembelajaran bisa berkurang. Bahkan hilang sama sekali. Kita selaku penerus dalam dunia pendidikan sudah sepatutnya mengetahui bagaimana cara mengatasi masalah tersebut. Untuk itu, kita perlu mengetahui beberapa teori-teori yang disampaikan oleh para ahli mengenai teori belajar, sehingga memudahkan kita dalam melakukan pembelajaran dan membelajarkan siswa nantinya.
     Ada tulisan menarik yang dikemukakan oleh Bell (1978:97) yang menyatakan,”understanding of theories about how people learn and the ability to apply these theories in teaching mathematics are important prerequisites for effective mathematics teaching.” Apa yang dikemukakan oleh Bell telah menunjukan akan pentingnya para guru matematika memahami akan teori-teori yang berkaitan dengan bagaimana para siswa belajar dan berfikir sehingga teori tersebut dapat diaplikasikan di kelasnya masing-masing, sehingga pembelajaran di kelasnya akan menjadi lebih efektif dan efesien. Snelbecker (1974) berpendapat, bahwa perumusan teori itu bukan hanya penting, melainkan vital bagi psikologi dan pendidikan, untuk dapat maju atau berkembang, dan memecahkan masalah-masalah yang ditemukan dalam setiap bidang itu. Dalam pengertian pembelajaran ditekankan bahwa asas pendidikan dan teori-teori belajar sangat penting karena sangat menentukan proses pembelajaran dan penentu keberhasilan dalam pendidikan.
     Setiap guru dapat saja belajar dari pengalamannya dalam mengajar. Namun hal seperti itu akan membutuhkan waktu yang lama, sehingga tidak ada salahnya para guru menerapkan teori-teori belajar yang dikemukakan oleh para ahli ataupun para psikologi untuk mempermudah dalam proses pembelajarannya. Setiap ahli akan mengkaji perkembangan intelektual dan akan mempelajari hakekat belajar dari berbagai segi dan berbagai sudut, maka dapat saja terjadi, antara teori belajar yang satu dengan teori belajar yang lain akan sama atau mirip atau juga saling melengkapi dan tidak tertutup kemungkinan akan ada beberapa teori yang saling bertentangan. Maka hal terpenting yang perlu dilakukan oleh para guru adalah memahami teori-teori yang ada dan menerapkan teori tersebut sesuai dengan suasana belajar dan pembelajaran. Berdasarkan pemikiran seperti itulah, dibuatnya makalah yang menjelaskan tentang beberapa teori-teori yang mampu meningkatkan motivasi siswa dalam belajar dan juga mampu miningkatkan daya fikir siswa terhadap permasalahan yang dihadapi dalam proses pembelajaran.
     Teori yang akan diangkat dalam makalah ini adalah teori yang dikemukakan oleh Edwar Lee Thordike yang menjelaskan tentang teori prilaku dan teori yang dikemukakan oleh Pierre Van Hiele dan isterinya Dian Van Hiele-Geldof yang menjelaskan tentang proses perkembangan yang dilalui siswa dalam mempelajari geometri. Teori-teori ini telah terbukti mampu mempermudah para guru dalam melaksanakan proses pembelajaran. Dalam makalah ini akan dikaji teori belajar Thorndike dan Van Hiele dari segi sejarahnya dan juga dari segi cara merancang pembelajaran yang didasarkan pada teori yang dikemukakan oleh Edwar Lee Thorndike dan Van Hiele. Setelah Anda membaca makalah ini Anda akan dapat menerapkan pembelajaran Thorndike dan Van Hiele dalam proses pembelajaran. Secara khusus Anda akan dapat menjelaskan sejarah dari teori yang dikemukakan oleh Thonrdike dan Van Hiele dan cara merancang pembelajaran yang didasarkan pada teori belajar Thorndike dan Van Hiele. Untuk lebih jelasnya akan dijelaskan teori Thorndike dan Van Hiele.
 Silahkan dowmload makalahnya disini :



Terima kasih dan semoga bermanfaat...
jangan lupa komentarnya ya...!!!