TEORI BELAJAR BROWNELL, SKEMP, DAN SKINNER

     Matematika merupakan ilmu pengetahuan yang diperoleh dengan bernalar. Hal ini dimaksudkan bukan berarti ilmu lain diperoleh tidak melalui penalaran, akan tetapi dalam matematika lebih menekankan aktivitas dalam dunia rasio (penalaran), sedangkan dalam ilmu lain lebih menekankan hasil observasi atau eksperimen. Matematika terbentuk sebagai hasil pemikiran manusia yang berhubungan dengan ide, proses, dan penalaran. Dalam pelajaran matematika siswa dibiasakan untuk memperoleh pemahaman melalui pengalaman tentang sifatsifat yang dimiliki dan yang tidak dimiliki sesuai dengan perkembangan kemampuan siswa.
     Dalam matematika juga dituntut untuk dapat mengerti (memahami) konsep yang ada dalam matematika sebelum melangkah pada latihan atau menghafal. Selain itu, dalam matematika juga dibutuhkan lebih banyak penerapan dari teori-teori yang diberikan sehingga tindakan tersebut dapat melatih setiap siswa untuk aktif dan lebih mengerti akan pelajaran matematika. Hal ini akan memberikan pandangan baru bahwa matematika bukan pelajaran yang sulit atau membosankan melainkan pelajaran yang menyenangkan bahkan menantang.
     Tidak hanya tingkat kedalaman konsep yang diberikan pada anak yang harus disesuaikan, namun juga tingkat kemampuannya dan cara penyampaian materi. Guru harus mengetahui perkembangan mental anak dan bagaimana pengajaran yang harus dilakukan sesuai dengan tahap-tahap perkembangan. Pengajaran yang tidak memperhatikan mental anak besar kemungkinan akan mengakibatkan anak mengalami kesulitan belajar karena apa yang disajikan tidak sesuai dengan kemampuannya dalam menyerap materi yang diberikan.
     Begitu pentingnya pengetahuan tentang teori belajar dalam sistem penyampaian materi, sehingga setiap metode pengajaran harus disesuaikan dengan teori-teori yang dikemukakan oleh para ahli pendidikan.
      Salah satu ciri dari pengajaran matematika masa kini adalah penyajiannya didasarkan pada teori belajar-mengajar yang pada saat ini sedang populer dibicarakan oleh para pakar pendidikan. Banyak teori yang berkembang namun disini kami hanya menjelaskan beberapa teori belajar yaitu teori belajar Brownell, Skemp, dan Skinner. Teori-teori tersebut dapat menjelaskan mengenai bagaimana cara belajar matematika agar mudah dipahami dan dimengerti oleh siswa. Sehingga menjadikan matematika sebagai salah satu pelajaran yang digemari oleh siswa. Maka dari itu dalam makalah ini kami mengkaji mengenai teori-teori belajar yang meliputi Teori Brownell, Teori Skemp, dan Teori Skinner.

Silahkan dowmload makalahnya disini :



Terima kasih dan semoga bermanfaat...
jangan lupa komentarnya ya...!!!



Artikel Terkait: