PROSA FIKSI (CERITA PENDEK)

     Kesusastraan merupakan hal yang tidak asing lagi di telinga kita. Setiap hari bahkan setiap saat, tanpa disadari kita bergelut dengan kesusastraan tersebut. Contohnya: Dulu waktu kita kecil setiap malam sebelum kita tidur ibu pasti menceritakan dongeng kesayangan kita agar bias terlelap tidur. Aktivitas tersebut merupakan salah satu bagian dari kesusastraan. Seiring berkembangnya zaman, dan mengingat perkembangan IPTEK yang kian canggih tanpa disadari kita sedikit melupakan kesusastraan. Kebanyakan orang cenderung tidak suka dengan kesusastraan, mungkin karena bahasanya yang sulit dipahami dan cenderung membosankan.
     Bentuk kesusastraan pada umumnya terdiri dari puisi dan prosa. Prosa dapat dibagi menjadi dua yaitu prosa lama dan prosa baru. Menurut isinya, ada beberapa jenis prosa lama yaitu dongeng, cerita pelipur lara, hikayat, sastra sejarah, epos dan kitab. Sedangkan karya sastra yang termasuk prosa baru ialah roman, novel, cerita pendek (cerpen), esai, kritik, studi, sketsa, kisah dan riwayat.
     Maka dari itu penulis menyusun makalah ini untuk memberikan sedikit gambaran tentang kesusastraan Indonesia khususnya tentang cerita pendek (cerpen).

Silahkan dowmload makalahnya disini :



Terima kasih dan semoga bermanfaat...
jangan lupa komentarnya ya...!!!