Model Pembelajaran Berbasis Masalah & Model Pembelajaran Langsung

       Di era globalisasi saat ini, kehidupan masyarakat telah banyak berkembang di berbagai bidang seperti bidang politik, ekonomi, ilmu pengetahuan, teknologi, maupun budaya. Seiring dengan perkembangan yang pesat ini, lembaga pendidikan mempunyai peran sentral dalam menciptakan peserta didik, baik individual maupun kolektif agar mampu hidup secara produktif di tengah masyarakat dengan penuh permasalahan yang dihadapi.
       Agar dapat mengantisipasi perubahan yang pesat itu, maka pendidikan yang hanya menekankan pada penanaman konsep menjadi tidak sesuai lagi. Selain penanaman konsep, pendidikan dewasa ini harus mampu mengembangkan kecakapan- kecakapan yang berguna untuk menghadapi permasalahan dalam kehidupan. Kecakapan ini sering disebut dengan istilah life skill. Sedangkan kecakapan matematika merupakan bagian tak terpisahkan dari kecakapan hidup tersebut dan diperlukan untuk dapat memahami dunia di sekitarnya, serta untuk berhasil dalam kariernya. Oleh karena itulah diperlukan model- model pembelajaran yang inovatif dan kreatif sehingga peserta didik mampu mengembangkan kecakapan- kecakapan yang mereka miliki.
       Model pembelajaran berbasis masalah (problem-based learning model) dan model pembelajaran langsung (directed learning model) adalah salah satu model pembelajaran yang mampu membantu siswa mengembangkan keterampilan berpikir dan keterampilan memecahkan masalah serta membantu siswa menjadi pembelajar yang mandiri. Dan yang tak kalah penting adalah mampu menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan dan memotivasi siswa.