TUJUAN PENDIDIKAN MATEMATIKA SERTA HUBUNGANNYA DENGAN ILMU PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI

     Pembelajaran merupakan suatu upaya menciptakan kondisi yang memungkinkan siswa dapat belajar. Secara eksplisit terlihat bahwa dalam pembelajaran ada kegiatan memilih, menerapkan dan mengembangkan metode untuk mencapai hasil yang diinginkan. Sedangkan dalam hubungannya dengan pembelajaran matematika, Nikson (1992) mengemukakakn bahwa pembelajaran matematika adalah suatu upaya membantu siswa untuk mengkonstruksi (membangun) konsep-konsep atau prinsip-prinsip matematika dengan kemampuannya sendiri melalui proses internalisasi sehingga konsep atau prinsip itu terbangun kembali. Matematika sebenarnya adalah sebuah cabang ilmu pengetahuan yang eksak dan terorganisir secara sistematik. Matematika itu sendiri
merupakan dasar dari segala ilmu yang ada. Matematika sebagai salah satu ilmu dasar, dewasa ini telah berkembang pesat baik materi maupun kegunaannya. Hal ini ditunjukkan berbagai ilmu pengetahuan yang ada selalu terkait dengan ilmu Matematika itu sendiri. Namun sayangnya, pendidikan matematika masih memiliki berbagai masalah. Dua masalah yang amat besar dan amat penting, adalah sebagai berikut : Pertama, sampai sekarang pelajaran Matematika di sekolah masih dianggap merupakan pelajaran yang menakutkan bagi banyak siswa, antara lain karena bagi banyak siswa pelajaran matematika terasa sukar dan tidak menarik. Kedua, sekalipun dalam banyak kesempatan sering dikatakan bahwa matematika merupakan ilmu yang sangat berguna bagi kehidupan manusia, termasuk bagi kehidupan sehari-hari, banyak orang belum bisa merasakan manfaat matematika dalam kehidupan sehari-hari mereka, di luar beberapa cabang matematika tertentu yang memberikan pengetahuan dan ketrampilan praktis seperti berhitung, statistika dan geometri. Karena adanya dua masalah tersebut, banyak siswa menjadi kurang termotivasi dalam mempelajari matematika.
     Di lingkungan pendidikan, siswa mendapatkan pendidikan Matematika dari jenjang yang paling dasar. Mereka diajarkan segala konsep dan prinsip – prinsip dasar yang ada dalam ilmu Matematika. Siswa diharapkan mengerti materi yang diajarkan oleh pengajar tanpa mengetahui apa sebenarnya tujuan dari pembelajaran Matematika itu sendiri. Pelajaran matematika di ruang-ruang kelas sejatinya dapat menjadi cikal bakal bagi pembentukan masyarakat maju. Dalam pendidikan matematika, guru tidak selayaknya hanya memberikan simbol-simbol abstrak dan teorema yang membosankan bagi sebagian besar siswa. Melalui penyampaian tujuan pendidikan yang jelas dan pendekatan realistis matematika akan menjadi teman keseharian siswa, karena sekarang manusia tidak bisa lepas sama sekali dari angka, hitungan, dan logika. Oleh karena itu pada makalah ini penulis ingin lebih menjelaskan apa sebenarya tujuan pendidikan Matematika itu sendiri dan bagaimana hubungan pembelajaran Matematika terhadap perkembangan ilmu pengetahuan alam dan teknologi yang semakin berkembang pesat dewasa ini, agar nantinya pendidikan matematika itu sendiri akan lebih bermanfaat. 
Silahkan dowmload makalahnya disini :



Terima kasih dan semoga bermanfaat...
jangan lupa komentarnya ya...!!!