Sikap Profesionalisme Keguruan

     Definisi yang kita kenal sehari-hari adalah bahwa guru merupakan orang yang harus digugu dan ditiru, dalam arti orang yang memiliki karisma atau wibawa hingga perlu untuk ditiru dan diteladani. Guru adalah orang dewasa yang secara sadar bertanggung jawab dalam mendidik, mengajar, dan membimbing peserta didik. Orang yang disebut guru adalah yang memiliki kemampuan merancang program pembelajaran serta mampu menata dan mengelola kelas agar peserta didik dapat belajar dan pada akhirnya dapat mencapai tingkat kedewasaan sebagai tujuan akhir dari proses pendidikan.
     Secara Nasional permasalahan dan tantangan dunia pendidikan kita meliputi 
  1. distribusi guru tidak merata padahal negara membutuhkan banyak guru seiring dengan jumlah penduduk yang terus meningkat namun disisi lain penghargaan pemerintah terhadap profesi guru relatif rendah, 
  2. rendahnya kualifikasi tingkat pendidikan guru, ditambah kompetensi yang tidak menunjang baik kompetensi pedagogik, kepribadian, professional maupun sosial menyebabkan rendahnya penghargaan masyarakat baik masyarakat umum maupun dunia usaha dan industri.
     Sedangkan tantangan secara Global menuntut adanya peningkatan kualitas demokratisasi, transparansi, budaya mutu dan HAM. Perkembangan IMTAQ dan akselerasi IPTEK memerlukan SDM yang berkualitas sementara pasar bebas menuntut hal serupa, aktualisasinya hanya mungkin bisa dilakukan melalui pendidikan yang bermutu. Permasalahan dan tantangan diatas merupakan akumulasi dari ketidak-mapanan-nya dunia pendidikan nasional kita dalam kurun waktu yang begitu lama untuk menemukan karakteristiknya, semua itu diakibatkan oleh berbagai macam gejolak dan kepentingan.
     Guru sebagai pendidik professional mempunyai citra yang baik di masyarakat apabila dapat menunjukan kepada masyarakat bahwa ia layak menjadi panutan atau teladan masyarakat sekelilingnya. Masyarakat terutama akan melihat bagaimana sikap dan perbuatan guru itu sehari-hari, apakah memang ada yang patut diteladani atau tidak. Bagaimana guru meningkatkan pelayanannya, meningkatkan pengetahuan, memberi arahan dan dorongan kepada anak didiknya, dan bagaimana cara guru berpakaian dan berbicara serta cara bergaul baik dengan siswa, teman-temannya serta anggota masyarakat, sering menjadi perhatian masyrakat luas.
     Walaupun segala perilaku guru selalu diperhatikan masyarakat. tetapi yang akan dibicarakan dalam bagian ini adalah khusus prilaku guru yang berhubungan dengan bagaimana pola tingkah laku guru dalam memahami, menghayati, serta mengamalkan sikap kemampuan dan sikap profesionalnya. Pola tingkah laku guru yang berhubungan dengan sikap profesionalisme guru merupakan sikap guru terhadap :
  1. Peraturan Perundang-undangan,
  2. Organisasi profesi,
  3. Teman sejawat,
  4. Anak didik,
  5. Tempat kerja,
  6. Pemimpin,
  7. Pekerjaan.
     Dari semua pemaparan diatas terangkum berapa kesimpulan yaitu sikap professional guru merupakan kebutuhan yang sangat mutlak bagi dunia pendidikan untuk mencapai mutu pendidikan yang baik. Dengan mutu pendidikan yang baik akan mencapai tingkat kecerdasan yang tinggi, kesejahtraan yang layak, martabat yang terhormat, serta mampu bersaing secara global dengan bangsa lain. Ditangan gurulah harapan yang besar bangsa ini ditambatkan karena itu guru haruslah manusia yang berkualitas, menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, mampu dan proaktif mengantisipasi dan menjawab tantangan zaman yang terus berubah dan semakin kompleks dengan berlandaskan iman dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Silahkan dowmload makalahnya disini :



Terima kasih dan semoga bermanfaat...
jangan lupa komentarnya ya...!!!