Perkembangan fisik dan psikologi BALITA

Perkembangan Peserta Didik merupakan suatu ilmu yang mempelajari tentang hakikat pertumbuhan dan perkembangan peserta didik, prinsip dan hukum perkembangan, serta tugas – tugas perkembangan peserta didik. Ada berbagai masalah yang berkaitan dengan perkembangan peserta didik, salah satu masalah tersebut adalah Perkembangan BALITA. BALITA merupakan singkatan bawah lima tahun, salah satu periode usia manusia dengan rentang usia dua hingga lima tahun. Ada juga yang menyebut dengan periode usia prasekolah. Pada fase ini, balita berkembang dengan sangat pesat. Setiap orang tua tentunya menginginkan balitanya menjadi generasi yang sehat, cerdas, dan kuat. Untuk itu orang tua harus memahami tumbuh kembang tubuh dan otak terutama pada masa balita. Pada periode ini, balita memiliki ciri khas perkembangan seperti perkembangan fisik dan motorikik balita, perkembangan psikologi, perkembangan bahasa, perkembangan menggambar serta perkembangan mendengar.
Pada masa ini perkembangan balita jauh berbeda bila dibandingkan perkembangan yang dialami balita – balita pada masa sebelumnya, terdapat kecenderungan perkembangan balita tidak sesuai dengan umurnya. Tumbuh kembang seorang balita di tahun pertamanya memang sangat menakjubkan. Dari seorang bayi yang tak berdaya ketika lahir, ia akan memiliki sejumlah kepandaian yang mempesonakan kita. Awalnya, tubuh bayinya yang mungil memang hanya mampu menggerakkan kepala, tangan dan kakinya. Pada saat ini, refleks tubuhnyalah yang bekerja sempurna.
Perkembangan bayi memang diawali dengan gerakan refleks, yaitu gerakan-gerakan yang terjadi secara otomatis, tanpa disadari. Seiring dengan menghilangnya kemampuan refleks bayi, secara bertahap kemampuan motorikiknya berkembang. Ia tidak saja mampu mengangkat kepala dan membalikkan tubuhnya, tetapi juga mencoba merangkak. Lalu dengan bertambahnya usia,  ia kemudian akan mampu duduk, merangkak, berdiri, lalu berjalan. Agar keterampilan motorik bayi tumbuh dan berkembang optimal, maka perlu memahami tahap-tahap perkembangannya dan memberikan suatu rangsangan yang tepat sesuai tahap perkembangannya tersebut. Satu hal yang paling menonjol di antara sekian banyak perkembangan si balita sepanjang satu tahun pertamanya, adalah perkembangan keterampilan motorikiknya. Sebenarnya, perkembangan apa saja yang terjadi pada si balitadari waktu ke waktu? Sebenarnya rangkaian tumbuh kembang si kecil hingga dewasa merupakan proses perkembangan “kesadaran” dirinya. Artinya, sejalan dengan bertambahnya umur, setiap gerak yang dilakukan si balita, bukan lagi gerak refleks, melainkan berupa gerakan yang sengaja dilakukan untuk suatu tujuan. Si balita akan mengembangkan kemampuan menggerakkan organ tubuhnya, juga emosi dan pikirannya dengan kesadaran, karena ada maksud dibalik setiap gerakan serta sikapnya.
Kemampuan dasar yang dipelajari si balita di usia setahun antara lain, duduk, berdiri, berjalan, hingga berbicara. Kelak, keterampilan lain akan dikuasainya, seperti memakai baju hingga makan sendiri. Perkembangan ini akan terus berkembang seiring bertambahnya umur si balita. Mengenai pembahasan lebih lanjut akan dibahas pada BAB selanjutnya.
Makalahnya dapat di download di bawah ini...


Terima kasih...
Jangan lupa berikan sedikit komentar...